I Become Real, When I Was Pretending

Minggu, 28 Desember 2014

SDM Perekrutan Karyawan

                  Boma Suryananda 51411520 4IA17
  • Pengertian Sumber Daya Manusia atau Human Resources menurut para ahli diantaranya :
  1. Menurut Sonny Sumarsono (2003, h4), Sumber Daya Manusia atau Human Resources mengandung dua pengertian. Pertama, adalah usaha kerja atau jasa yang dapat diberikan dalam proses produksi. Kedua, SDM menyangkut manusia yang mampu bekerja untuk memberikan jasa atau usaha kerja dengan melakukan kegiatan-kegiatan ekonomis guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan atau masyarakat.
  1. Menurut M.T.E. Hariandja (2002, h 2), Sumber Daya Manusia atau Human Resources merupakan salah satu faktor kehidupan yang sangat penting dalam suatu kegiatan perekonomian atau dalam suatu kegiatan perusahaan disamping faktor-faktor lain seperti modal. Oleh sebab itu pengelolaan SDM harus dilakukasn dengan baik guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.
  • Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia atau Human Resources Management menurut para ahli diantaranya :
  1. Menurut Hasibuan (2000: 10), Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien guna membantu terwujudnya perusahaan, karyawan dan masyarakat.
  1. Menurut Moses N. Kiggundu(1989), Manajemen Sumber Daya Manusia adalah pengembangan dan pemanfaaatan pegawai dalam rangka tercapainya tujuan dan sasaran individu, organisasi, masyarakat, bangsa dan internasional yang efektif.
  1. Menurut Tulus (1992), Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perancanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan atas pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja guna membantu tujuan organisasi, individu dan masyarakat.
  1. Menurut Amstrong (1990: 1), Manajemen Sumber Daya Manusai adalah suatu pendekatan terhadap manusia secara umum yang berlandaskan pada 4 prinsip dasar yaitu :
    1. Sumber Daya Manusai adalah harta paling penting bagi suatu organisasi, sedangkan            manajemen yang efektif adalah sebuah kunci keberhasilah organisasi tersebut.
    2. Keberhasilan suatu organisasi sangat mungkin dicapai jika peraturan atau kebijaksanaan tersebut saling berhubungan satu sama lain, dan prosedur yang bertalian dengan manusia dari perusahaan tersebut saling berhubungan, dan saling memberikan sumbangan/dukungan terhadap pencapaian tujuan perusahaan dan perencanaan strategis
    3. Kultur dan nilai perusahaan, suasana organisasi dan perilaku manajerial yang berasal dari kultur tersebut akan memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil pencapaian yang terbaik.
    4. Manajemen Sumber Daya Manusia berhubungan dengan integrasi yakni semua anggota organisasi anggota tersebut terlibat dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
  • Metode Perekrutan Karyawan
Pengertian
Proses menarik orang-orang pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang cukup, dan dengan persyaratan yang layak, untuk mengisi lowongan dalam organisasi.
Alternarif Perekrutan
A. Alih Daya (Outsourcing)
Proses mempekerjakan pemasok jasa eksternal untuk menjalankan pekerjaan yang sebelumnya di kerjakan secara internal.  Mensubkontrakkan berbagai fungsi kepada perushaan lain telah menjadi praktik yang umum dalam industri selama beberapa dekade.
B. Karyawan Tidak Tetap (Contingent Workers)
Digambarkan sebagai “angkatan kerja Amerika sekali pakai” oleh seorang mantan menteri tenaga kerja. Mereka adalah orang-orang yang bekerja sebagai karyawan paruh-waktu, karyawan sementara, atau kontraktor independen.
C. Organisasi Pemeberi Kerja Profesional (Persewaan Karyawan)
Organisasi pemberi kerja profesional adalah perusahaan yang menyewakan para karyawan kepada perusahaan lainnya.
D. Kerja Lembur
Kerja Lembur bisa membantu baik pemberi kerja maupun karyawan. Pemberi kerja memperoleh manfaat dengan terhindar dari biaya-biaya perekrutan, seleksi, dan pelatihan. Para karyawan memperoleh keuntungan dari peningkatan pendapatan selama periode kerja lembur.
Proses Perekrutan
Sumber Internal
Karyawan yang akan mengisi lowongan kerja yang lowong diambil dan dari dalam perusahaan itu dengan cara memutasikan atau memindahkan karyawan yang memenuhi spesifikasi pekerjaan jabatan itu.
Sumber Eksternal
Karyawan yang akan mengisi jabatan yang lowong dilakukan penarikan dari sumber-sumber tenaga kerja di luar perusahaan.
Metode Perekrutan
  1. Metode tertutup
Ketika ada penarikan tenaga kerja, informasi hanya diberikan kepada karyawan atau orang-orang tertentu saja. Akibatnya lamaran yang masuk relatif sedikit sehingga kesempatan untuk mendapatkan karyawan yang baik amat sulit.
  1. Metode Terbuka
Ketika ada penarikan tenaga kerja, informasi disebarkan secara luas ke masyarakat dengan memasang Iklan pada media massa baik cetak maupun elektronik. Dengan metode ini diharapkan lamaran banyak masuk sehingga kesempatan untuk mendapatkan karyawan yang kualifait lebih besar.
PERANGKAT-PERANGKAT BERGUNA YANG DI MANFAATKAN UNTUK PERIKRUTAN :
  • PENGUMUMAN PEKERJAAN (JOB POSTING)
Prosedur untuk memberikan informasi kepada karyawan mengenai adanya lowongan-lowongan pekerjaan.
  • PENGAJUAN PEKERJAAN (JOB BIDDING)
Prosedur yang memungkinkan para karyawan yang yakin bahwa mereka memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta untuk melamar kerja pada posisi lowongan yang diumumkan.
  • REFERENSI KARYAWAN
Cara dimana para karyawan bepretasi puncak teridentifikasi, merupakan alat perikrutan paling sering di gunakan.
Sumber :
1. http://yuharariskiyah.wordpress.com/2013/11/09/definisi-manajemen-sumber-daya-manusia-menurut-para-ahli/
2. http://humancapitaljournal.com/pengertian-sumber-daya-manusia/
Di Susun Oleh :
M.Reggi T U (54411696)
Aditya Akbar Nugraha (50411210) 
M. Fauzi 
M. Yunus
 Boma Suryananda (51411520)
Febri Ramadhan 
Wahyabiantara 
Kelas 4IA17
Teknik Informatika 2014
Universitas Gundarma
Kelas : 4IA17
Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar