Nama : BOMA SURYANANDA
KELAS : 4ia17
NPM : 51411520
TUGAS SOFTSKILL REVIEW E-JURNAL
"KAJIAN TENTANG PERKEMBANGAN E-BUSINESS TERHADAP
PRAKTIK BISNIS" Oleh HERMAN YAKUB
- menangkap data (capture),
- menyimpan (saving),
- mengolah (process)
- mengirim (distribute)
- menyajikan kebutuhan informasi secara elektronik ke dalam berbagai format, yang bermanfaat bagi pemakai (user).
Sudut pandang penulis memandang perkembangan teknologi internet saat ini
lebih banyak berkembang ke arah user
friendly, yang artinya semakin mempermudah pemakai dalam memahami serta
menjalankan fungsi internet.
Di dalam e-journal ini juga disinggung tentang E-Business , E-Business adalah penggunaan teknologi informasi untuk
memudahkan proses bisnis, melakukan
e-commerce dan menyediakan kerjasama untuk mendukung komunikasi perusahaan.
Transaksi dapat dilakukan antara berbagai pihak,yaitu sebagai berikut:
·
business to business (B2B)dalam transaksi B2B baik penjual maupun
pembeli adalah organisasi bisnis
·
business to custumers (B2C), dalam transaksi B2C penjual adalah perusahaan
dan pembelinya adalah perorangan
·
consumers to consumers (C2C), dalam C2C
seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain. C2C dapat juga sebagai customer to customer (pelangan ke pelanggan.
Kedua istilah ini dianggap sama, dan keduanya akan menjelaskan orang-orang yang
menjual produk dan jasa ke satu sama lain
·
consumer to business (C2B), dalam C2B konsumen
memberitahukan atas suatu produk atau jasa tertentu, dan para pemasok bersaing untuk
menyediakan produk atau jasa tersebut ke konsumen
·
government to citizen (G2C) dan pihak lain,
dalam kondisi ini unit pemerintah menyediakan layanan ke para warganya melalui
teknologi Electronic Commerce (EC).
Mitra kerja pada e-business menurut penulis dapat dikelompokkan menjadi
enam jenis, yaitu:
·
strategic service partners (SSP)
·
non strategic service partners (NSP)
·
commodity suppliers (CS)
·
value added suppliers (VAS)
·
network operations partners (NOP)
·
application service provider (ASP).
Dan yang terakhir kesimpulan dari penulis adalah pengelolaan organisasi
bisnis di dalam berkompetisi.E-business mengacu pada lingkup yang lebih luas
yang mencakup layanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, dan transaksi
elektronik. Sebagai model pemasaran kontemporer, e-business membawa dampak positif bagi produsen,
perantara, dan pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar